NILAH.COM, Purwakarta – Untuk pelaksanaan Pemilukada pada 15 Desember 2012, Pemkab Purwakarta menetapkan anggaran menjadi Rp20 miliar dari APBD 2012.

Oleh: Asep Mulyana, Jabar – Selasa, 13 Desember 2011 | 14:45 WIB

Besaran tersebut lebih kecil dibanding estimasi yang diusulkan KPUD , sebelumnya yakni Rp22,89 miliar. Alasannya, karena keterbatasan kemampuan RAPBD serta perlunya efisiensi anggaran.

Selain itu, alokasi anggaran pesta  demokrasi dengan besaran seperti itu harus mencukupi untuk pelaksanaan dua putaran, di luar biaya Panwaslu dan pengamanan. Dengan begitu, KPUD dalam posisi sulit untuk kembali mengusulkan kenaikan anggaran seperti yang diinginkan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPUD Purwakarta Deni Ahmad Haidar menyatakan tidak keberatan meskipun dianggarkan Rp20 miliar. Sebab, ketika teralokasi pada APBD 2012, berarti hanya untuk membiayai pelaksanaan putaran pertama. Angka sebesar itu sangat mencukupi karena berdasarkan estimasi lembaganya, satu putaran hanya menyedot Rp16,5 miliar.

“Kalaupun masih tersisa Rp2,89 miliar dan tidak terakomodasi dalam APBD 2012, masih bisa diusulkan pada APBD 2013. Sebab, dalam tahapan Pemilukada, putaran kedua jatuh pada tahun berikutnya. Jadi sesuai peraturan perundang-undangan yang ada, tidak mungkin pembiayaan di 2013 dialokasikan pada APBD 2012,” ungkap Deni, kepada wartawan, Selasa (13/12/2011).

Besarnya kebutuhan anggaran Pemilukada, lanjut dia, tidak dapat dihindari atau diefisienkan. Karena dalam pelaksanaannya harus menyesuaikan dengan undang-undang penyelenggaraan pemilu dimana adanya pembengkakan anggaran. Pembengkakan tersebut lebih disebabkan kebutuhan honorarium yang jumlahnya tidak sedikit.[ang]

About H Onnie S Sandi SE

Melanjutkan Bakti Untuk PURWAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s