Oleh: Jaka Permana
Minggu, 15 Januari 2012, 05:30 WIB
INILAH.COM, Bandung – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar menegaskan penyidikan kasus dugaan korupsi Jembatan Cikao di Purwakarta terus berjalan walaupun ada pengembalian kerugian negara Rp1,58 miliar.

Di kalangan Pemkab Purwakarta, telah beredar isu jika kasus dugaan korupsi itu telah dihentikan. Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jabar Fadil Zumhanna pun tidak menampik sudah mendengar isu tersebut. Bahkan dia sering menerima telepon dari LSM untuk menanyakan kebenaran isu tersebut.

“Setelah uang negara dikembalikan, memang berdar isu kalau kasus ini dihentikan. Tapi saya menegaskan pengembalian kerugian negara itu bukan sesuatu yang akan menghentikan penyidikan terhadap suatu kasus. Kami akan terus menyidik berdasarkan pasal 109 KUHP yang menjelaskan tidak lengkapnya dukungan alat bukti. Sedangkan dalam kasus ini alat buktinya sudah cukup,” jelas dia kepada wartawan, Sabtu (14/1/2012).

Dia berharap, kasus tersebut bisa segera dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung untuk segera disidangkan. Dia pun menargetkan paling lambat akhir Februari 2012 bisa dilimpahkan.

“Kasus ini berbeda dengan kasus bansos yang barang buktinya tidak terang. Kalau ini terang kok, jadi tidak harus lama-lama,” tegas dia.

Dalam kasus tersebut, Kejati Jabar sudah menetapkan satu orang tersangka yakni salah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta berinisial HD. Penetapan tersangka itu diperoleh dari 8 saksi yang sudah dimintai keterangan. Selain itu, alat bukti yang telah dikumpulkan pun mengarah pada HD.

Mencuatnya dugaan korupsi dalam proyek pembangunan jembatan ini, bermula dari laporan Komite Pemantau Korupsi Nasional (Konstan) yang melaporkan dugaan korupsi tersebut berdasarkan fakta di lapangan ke Kejati Jabar.[jul]

About H Onnie S Sandi SE

Melanjutkan Bakti Untuk PURWAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s