27/03/2012 07:44

Liputan6.com, Cianjur: Teror tomcat menyerang kawasan kawasan padat penduduk di Cianjur, Jawa Barat, Senin (26/3). Ironisnya laporan warga ke Dinas Kesehatan tidak ditanggapi serius karena tidak ada korban yang terserang.
Kepala Dinas Pertanian Sudrajat Laksana mengatakan tomcat menyebar karena petani sedang panen.
Bagi petani, tomcat sebenarnya menguntungkan karena membunuh hama wereng.
Tak hanya di perkotaan dan daerah yang lahan pertaniannya rusak. Serangga belang merah hitam ini juga menyerang daerah yang pertaniannya bagus seperti Bantul. Sejumlah staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bantul diserang hewan penjelajah ini.
Makin mewabahnya serangan tomcat membuat foto-foto korban dengan kulit melepuh dan bernanah banyak beredar. Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Tjandra Yoga mengatakan tidak semua foto itu benar.
Menurut dia, racun tomcat hanya menyebabkan kulit kemerahan disertai rasa gatal, panas, dan mengeluarkan air tapi tidak bernanah.
Apabila tomcat menempel di kulit Anda, jangan dipukul karena cairan tubuhnya menyebabkan iritasi. Pertolongan pertama bagi korban adalah mencuci menggunakan air mengalir, sabun, dan antiseptik. Gunakan juga salep steroid atau antibiotik.(JUM)

About H Onnie S Sandi SE

Melanjutkan Bakti Untuk PURWAKARTA

2 responses »

  1. harga laptop mengatakan:

    serangga tomcat termasuk serangga predator tapi tidak mengigit manusia. Habitat hidupnya di lahan pertanian dan ia adalah perusak tanaman pertanian misalnya padi. Ia baru akan masuk ke rumah-rumah warga atau mendekatinya manakala ada sinar cahaya lampu. Yang penting jangan kita tepuk pada saat hinggap di kulit, cukup ditiup saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s