Ignasius Jonan

Image by Kompas.Com

Mencermati tentang keberhasilan PT KAI ( Kereta Api Indonesia ), yang telah berhasil melakukan perubahan dengan melakukan lompatan besar dalam sejarah perkerata – apian di Indonesia, sungguh sesuatu prestasi yang layak dan pantas mendapat apresiasi dari kita semua. Bayangkan saja, perusahaan yang pada tahun 2008, merugi Rp 83,4 milyar dan pada dua tahun terakhir meraup laba bersih diatas Rp 200 milyar. Bukan hanya dari segi profit itu saja prestasi yang diraih PT KAI ini, tetapi dibawah kepemimpinan Ignasius Jonan SE, MA, mampu merubah kultur karyawannya menjadi disiplin, kerja keras, berorientasi pada pelayanan  dan kinerja serta berfikir dan bertindak bagaimana perusahaan mendapatkan profit disamping tidak melupakan tugasnya sebagai BUMN yang juga mengemban misi Social Goods.( Kompas.COM,  Jonan, Mengubah Indonesia Lewat Kereta Api )Tentang berita keberhasilan PT KAI sudah banyak di ulas oleh media cetak dan media televisi, bahkan Menteri Perhubungan, memberi penghargaan tersendiri  atas zero accident pada pengangkutan penumpang arus mudik dan balik Idul Fitri 1433 H, juga berencana meneerapkannya Boarding Pass di Pelabuhan dan Terminal Keberangkatan Bus, mengadopsi keberhasilan PT KAI. Menurut saya keberhasilan Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan SE MA, membawa perubahan besar sejak dilantik pada tanggal 15  Februari 2009, adalah karena memiliki  sbb;

  • Integrity atau integritas adalah suatu konsep atau pemikiran yang menunjuk konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip.  Seorang dikatakan “mempunyai integritas” apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya ,  Ignasius Jonan SE MA, memiliki integritas yang sangat tinggi, sehingga mampu memberi keteladanan dan menjadi figur sentral serta memberikan panutan sebagai top management, sehingga bawahan meyakini  pikiran, ucapan dan tindakannya dipercaya akan membawa perubahan yang lebih baik bagi PT KAI.
  • Leadership  Disamping  memiliki kepemimpinan yang kuat, beliau juga memiliki kemampuan managerial yang baik serta memiliki visi ke depan yang luar biasa sehingga perubahan dalam tiga tahun dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan menempatkan pekerja pada posisinya atas dasar kinerja dan profesonalisme. Prinsip the right man on the right place benar-benar dijalankan, tidak ada lagi posisi jabatan diberikan berdasarkan urut kacang, titipan atau nepotisme sehingga sasaran organisasi secara bertahap dapat dicapai.
  • Tidak memiliki Conflict of interest. Seorang Ignasius Jonan tidak memiliki kepentingan dan agenda tersembunyi saat mengambil keputusan atas kebijakan sehingga  beliau tidak memiliki beban secara psikologi atau beban moral untuk melakukan tindakan tertentu. Seperti definisi tentang kepentingan yaitu Orang yang baik senantiasa berbuat baik kepada siapa pun terlepas dari konteks dan kepentingan apa pun.  Seorang Igniasius Jonan tidak memiliki kepentingan baik politik, ekonomi, bisnis atau ambisi pribadi, sehingga beliau tidak ragu dan khawatir menjalankan rencana kerja dan policy untuk melakukan perubahan pada PT KAI, walau mendapat tentangan dan perlawanan dari berbagai pihak.
  • Berani,   itulah ciri para Leader yang kuat ( Strong Leader ) yaitu memiliki keberanian dan siap menerima resiko dengan segala konsekwensinya, beliau juga sadar bahwa setiap keputusan adalah sebuah pilihan  yang selalu ada untung ruginya, namun dengan berbekal pengalamannya bekerja di salah satu Lembaga Finance terkemuka , selalu membuka mata, telinga dan pikiran untuk mendengar semua hal penting dari orang-orang lain, meyakini bahwa apa yang dilakukan akan sangat bermanfaat bagi PT KAI dan masyarakat, didukung kekuatan kepribadian yang teruji, akhirnya hasil kerja kerasnya membuahkan hasil yang patut dan sangat membanggakan.

Tulisan ini saya buat sebagai bentuk apresiasi bagi PT KAI dan sekaligus  berbagi  informasi pada semua pembaca bahwa sebuah perubahan dapat dilakukan apabila kita memiliki keyakinan, keinginan kuat, kesungguhan ,kemampuan, kerja keras dan kejujuran, sesuatu yang nampaknya absurd ternyata dapat dilakukan, bayangkan saja siapa yang menduga  perkerata-apian di Indonesia mampu melakukan perubahan dan terobosan yang luar biasa, walaupun saat ini baru dapat dilaksanakan untuk route jarang sedang dan jauh, namun hal ini sudah merupakan prestasi tersendi. Hampir di stasiun-stasiun  yang saya lalui dari Stasiun Gambir sampai Mojokerto, tertata rapih dan bersih, di dalam stasiun yang duduk di kursi tunggu hanya calon penumpang, pedagang  hanya menjajakan dagangannya dari luar pintu kereta api, tidak ada lagi penumpang yang merokok, nomer kursi sesuai dengan tiket dan nama  penumpang serta pemesanan tiket dapat dilakukan jauh hari sebelumnya baik via internet atau biro jasa, sungguh sesuatu prestasi yang membanggakan bahwa pelayanan di bandara dan maskapai  penerbangan dapat dilakukan oleh PT KAI, suatu perubahan besar telah,tengah dan akan terus terjadi . Selamat dan sukses Pak Ignasius Jonan SE MA dan keluarga besar PT KAI, ternyata jika kita mau, Kita Bisa…………..

Baca Juga ;

About H Onnie S Sandi SE

Melanjutkan Bakti Untuk PURWAKARTA

52 responses »

  1. Bomber Purwakarta mengatakan:

    Purwakarta Pasti Bisa…………..

  2. destiakhairunnisa mengatakan:

    Kita Bisa…………….

  3. Katrina mengatakan:

    Keretapi…
    salah satu pengangkutan awam yang sangat penting…
    Kebaikannya banyak…

    *menjimatkan kos, masa dan tenaga
    *mengatasi masalah kesesakan jalan raya
    *meningkatkan kualiti alam sekitar (CFC, penipisan ozon, pemanasan global)
    *mewujudkan peluang pekerjaan (meningkatkan taraf hidup)
    *mengurangkan kes kemalangan
    *mengurangkan kebergantungan kepada bahan api (minyak petrol)

    PT KAI telah melakukan usaha yang sangat baik..
    Semoga akan diapliksai kedaerah lain diseluruh Indonesia..
    sekalung tahniah dari saya…

    *Mas Onnie..posting yang baik..Salam Sukses🙂

  4. Burhan-Onnie mengatakan:

    Kita Pasti Bisa, bangkit bersatu untuk Purwakarta

  5. demokrat purwakarta mengatakan:

    Bersama kita bisa………..

  6. […] SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 HSelamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H.Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H Hari Raya Idul Fitri 1433H – Fauzi AhsanKembali Berbagi CeritaZIKIR DAN DO’A RUTINAN BERSAMA KELUARGA BESAR AL-KAAFII PUTARAN KETIGA~ it's mine ~Para Koruptor Indonesia Ahli dalam “Korupsi Terencana”Jika kita mau……Kita Bisa – H Onnie S Sandi SE […]

  7. Mudah-mudahan di Purwakarta juga bisa Om…

  8. PT Eliza Parahyangan mengatakan:

    Memang kita harus melakukan perubahan lyg lebih baik

  9. Bomber Purwakarta mengatakan:

    Kita Pasti Bisa……….

  10. Sang Dewi mengatakan:

    semua itu harus berawal dari kemauan, lalu kerja keras..
    dan lihat hasilnya..

    begitu ya om..???

  11. Sri Rizky mengatakan:

    Tertarik apa yang kang haji katakan “Sebuah perubahan dapat dilakukan apabila kita memiliki keyakinan, keinginan kuat, kesungguhan ,kemampuan, kerja keras dan kejujuran..
    ” Purwakarta saya yakin siap berubah ”
    Kalau di pimpin oleh orang yang mau maju dan yang Care terhadap keinginan rakyatnya..
    Kang Haji saya yakin siap membawa Purwakarta untuk berubah tentunya ke arah yang lebih baik.

  12. SanG BaYAnG mengatakan:

    Dengan keyakinan.., kita bisa memiliki harapan #itu kata guru saya Om..😀

    Membaca ini mengingatkan saya pada “serat Darma Wasita” (serat Darmo Wasito-jawa) yang pada jaman dulu menjadi pegangan para pamong praja.

  13. padamara88 mengatakan:

    Memang selayaknya seorang pimpinan tidak mempunyai konflic of interest, sehingga setiap melakukan eksekusi tidak berbenturan dengan kepentingan pribadi. Salam

  14. uyayan mengatakan:

    selamat untuk PT KAI atas keberhasilanya.

    ternyata tidak perlu begitu lama untuk berubah, hanya perlu 3 tahun hasilnya sudah signifikan dari merugi jadi untung. “jika kita mau kita bisa”

    semoga keberhasilan PT KAI ini di contoh oleh BUMN lainya…

    salam dari bogor.

  15. Kang Onnie mengatakan:

    Kita pasti bisa…….

  16. febrian hadi mengatakan:

    perpaduan 3 kecerdasaan emosional,.
    luar biasa.

    Kita pasti bisa.
    Semangat optimisme.

  17. Amirullah Daeng Sibali mengatakan:

    salut deh…
    lanjutkan selama itu positif dan berada di bingkai kebenaran

  18. biltannputeri mengatakan:

    Kunjungan perdana🙂

    semangatt om

  19. H Onnie S Sandi SE mengatakan:

    Teriam kasih Putri…

  20. bensdoing mengatakan:

    poin yg trkhir sygnya blm dmiliki oleh pemimpin no.1 di negeri ini…

  21. Yudhi Hendro mengatakan:

    Jadi pengin naik kereta api lagi, kang. Beberapa BUMN saat ini sudah mulai unjuk prestasi yg membanggakan

  22. Hijihawu mengatakan:

    Kinerja yang baik mampu membawa perubahan yang signifikan. Salam.

  23. cumakatakata mengatakan:

    just say can. and you will be.

  24. […] Jika kita mau……Kita Bisa – H Onnie S Sandi SE […]

  25. […] Jika kita mau……Kita Bisa – H Onnie S Sandi SE […]

  26. […] Jika kita mau……Kita Bisa – H Onnie S Sandi SE […]

  27. Urang Purwakarta mengatakan:

    Kita Bisa………..

  28. Eliza Parahyangan mengatakan:

    Suatu usaha dari anak bangsa yg membanggakan…semoga akan terus bermunculan pimpinan seperti ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s